Perbekalan Tata Usaha
Pekerjaan
kantor erat kaitannya dengan alat-alat yang digunakan untuk mempermudah dan
membantu mengerjakan pekerjaan kantor. Untuk itu seorang pegawai kantor paling
tidak tahu alat yang dapat membantunya untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan.
Mengetahui peralatan kantor merupakan hal yang penting bagi karyawan, bukan
hanya mengetahui saja namun tahu fungsi dari alat-alat yang ada. Paling tidak
ia dapat memilih peralatan yang sesuai dengan kebutuhan dia untuk membantu
menyelesaikan tugasnya. Untuk itu berikut adalah pengetahuan mendasar mengenai
memilih peralatan:
Pengertian dari Kantor dan
Tata Usaha itu sendiri adalah sebagai berikut :
Istilah kantor dari bahasa belanda yaitu kantoor. Peralatan kantor memiliki
beberapa pengertian diantaranya
·
Ruang kerja, ruang tulis
·
Markas dimana seseorang pengusaha beserta stafnya menjalakan
usahanya
·
Instansi, perusahaan dan badan usaha.
Kantor dalam
arti statis:
menggambarkan suatu tempat berupa gedung dan fasilitas perlengkapanya; statis
berarti diam, tetap, tak bergerak.
Kantor dalam
arti dinamis
menunjukan kegiatan yang dilaksanakan dalam suatu tempat; dinamis berarti
bergerak dan senantiasa berubah.
Menurut Te Gie , tata usaha adalah
tugas pelayanan di sekitar keterangan-keterangan yang berwujud enam pola
perbuatan-menghimpun, mencatat, mengolah , menggandakan, mengirim dan menimpan
keterangan-yang diperlukan dalam setiap usaha kerja sama. Kesimpualnnya bahwa
tata usaha adalah segenap rangkaian aktivitas menghimpun, mencatat,
mengolah, mengadakan, mengirim dan menyimpan keterangan – keterangan yang
diperlukan dalam setiap usaha bersama.
Adapun jenis-jenis pekerjaan kantor
sebagai berikut:
1. Pekerjaan kantor bersifat
ketatausahaan, yaitu pekerjaan kantor yang banyak berhubungan langsung dengan
pekerjaan tulis menulis.
a. Pengurusan dan penanganan
surat (surat masuk dan surat keluar)
b. Penyimpanan surat (kearsipan)
c. Pengetikan
d. Pengurusan kepegawaian
e. Pengurusan keuangan
f.
Pengurusan perlengkapan
g. Penggandaan
h. Pembuatan laporan
2. Pekerjaan kantor yang tidak
bersifat ketatausahaan, yaitu pekerjaan kantor yang tidak banyak berhubungan
dengan tulis menulis
a. Menelpon
b. Menerima tamu
c. Memelihara gedung kantor
d. Pelayanan keamanan
e. Pekerjaan pesuruh
Tata usaha mempunyai tiga ciri utama
:
a. Bersifat pelayanan yaitu tata
usaha melayani pelaksanaan pekerjaan-pekerjaan operatif
b. Bersifat merembet ke segenap
bagian dalam organisasi yaitu bahwa dalam tata usaha diperlukan dimana – mana
dan dilaksanakan dalam seluruh organisasi
c. Dilaksanakan oleh semua pihak
dalam organisasi yaitu tata usaha dapat mencapai segala tempat tidak hanya
terbatas dalam lingkungan banggunan, gedung, atau kantor dari suatu badan usaha
yang bersangkutan.
Suatu sifat yang sudah pasti adalah
bahwa tata usaha tidak dapat berjalan sendiri, sebab semua pekerjaan harus
direncanakan, diatur, disusun, diarahkan, dikendalikan, dan disempurnakan oleh
pejabat/pimpinan organisasi.
Terdapat da macam pekerjaan kantor
jika ditinjau dari sifatnya yaitu :
Pekerjaan
kantor yang bersifat ketatausahaan yaitu
pekerjaan kantor yang banyak berhubungan langsung dengan pekerjaan tulis
menulis
• Pengurusan dan penanganan surat (surat masuk dan surat keluar)
• Penyimpanan surat (kearsipan)
• Pengetikan
• Pengurusan kepegawaian
• Pengurusan keuangan
• Pengurusan perlengkapan
• Penggandaan
• Pembuatan laporan
Pekerjaan
kantor yang tidak bersifat ketatausahaan yaitu
pekerjaan kantor yang tidak banyak berhubungan dengan tulis menulis
• Menelpon
• Menerima tamu
• Memelihara
gedung kantor
• Pelayanan
keamanan
• Pekerjaan
pesuruh
Perbekalan tata usaha juga tidak
terlepas dari pengetahuan tentang peralatan kantor. Perlengkapan kantor itu sendiri meliputi barang-barang kecil yang
digunakan sehari-hari seperti penjepit kertas, stapler, pelubang
kertas, bolpen dan kertas, tetapi juga mencakup perlengkapan
mahal seperti komputer, printer, mesin faksimle,
mesin fotocopy dan kas register,
serta furnitur kantor seperti bilik, lemari arsip.
Bekal kantor itu sendiri adalah benda-benda yang akan habis dalam pemakaianya sehari-hari dikantor.
Sedangkan perbekalan tata usaha adalah semua perbekalan ataupun
peralatan yang berupa barang-barang kantor yang diperlukan untuk menunjang
lancarnya pekerjaan kantor dalam usaha pencapaian tujuan organisasi
Jenis-jenis
dari perbekalan taata usaha itu sendiri adalah sebagai berikut :
•
Barang lembaran, misalnya
kertas, karton, karbon, dan berkas
•
Barang bentuk lainya,
misalnya lem, karet, penghapus, tinta
•
Alat tulis kantor
(ATK),misalnya pensil, bolpoint, capnomor
•
Alat keperluan lainya misalnya : alat pencabut jepitan, mistar, bantalan cap
•
Mesin kantor misalnya mesin kantor :
mesin tik, mesin hitung, mesin stencil
•
Perabot kantor misalnya :
meja , lemari, peti besi
•
Perlengkapan lainya: lampu,
kipas angina, AC
Referensi
Nurida, Ida.2008. Manajemen
Administrasi Perkantoran. Yogyakarta : Kanisius
Purwanto W,
S.Eko.1999. Pengetahuan Mesin-mesin Kantor. Yogyakarta: Adicita Karya
Nusa
Sabri.2007.
Pengetahuan Mesin Kantor. Diakses dari http://sabri07.blogspot.com/2010/11/mesin- kantor.html,
Pada tanggal 18 April 2013
Sukadi.2013. Materi
Mengelola Peralatan Kantor. Diakses dari http://smknkasimbar.blogspot.com/2012/10/download-modul-dan-materi-administrasi.html,
Pada tanggal 18 April 2013
0 Response to "Perbekalan Tata Usaha"
Post a Comment